Miracle Morning Routine – Keajaiban Rutinitas Pagi Hari

Hal Elrod adalah seorang success coach international dan penulis buku international best seller Miracle Morning: The Not-So-Obvious Secret Guaranteed To Transform Your Life Before 8AM.

Buku tersebut menjelaskan bagaimana seseorang yang mempunyai kebiasaan yang baik di pagi hari dapat mengubah kehidupannya.

Sebetulnya, hal ini adalah pola hidup yang sudah diajarkan dengan agama Islam. Sebagai muslim, sudah wajib hukumnya kita bangun pagi hari, karena kita berkewajiban untuk melaksanakan solat subuh.

Oke, coba kita bahas selanjutnya ya tentang buku ini dan bagaimana kita sebagai muslim bisa mengaplikasikan gagasan-gagasan tersebut ke dalam kehidupan kita.

Secara ringkas, ada 6 langkah yang dilakukan dalam proses Miracle Morning ini yang disingkat menjadi SAVERS.

Silence: waktu untuk berdiam diri sendiri. Seperti meditasi dan membersihkan pikiran.

Affirmations: program diri kita untuk yakin akan keberhasilan yang ingin kita capai dalam hidup kita. 

Visualization: Bayangkan apa yang ingin kita capai dan tekankan dalam hati berulang-ulang apa yang perlu kita lakukan untuk mencapainya. 

Exercise: olah raga. 

Reading: Bacalah buku-buku yang dapat membantu mengembangkan diri kita untuk menjadi orang yang lebih baik dan menjalani hidup dengan lebih baik. 

Sribing: menulis di jurnal membantu kita untuk mendokumentasikan apa-apa saja yang ada di dalam benak kita dan bisa menjadi alat untuk mengeksplorasi perasaan, ide, dan target kita.  

Nah, sekarang bagaimana cara kita mengimplementasikan poin-poin di atas dalam kehidupan kita sebagai muslim? 

Silence 

Sebagai muslim, hati dan pikiran kita ngga boleh kosong. Harus selalu diisi dengan zikir supaya selalu ingat Allah SWT. Maka setelah solat subuh dan berdoa, jangan hanya berdiam diri. Tapi lakukanlah zikir-zikir pagi hari. 

Zikir pagi dan sore hari adalah perintah Allah SWT. 

Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di waktu pagi hari

Zikir pagi dan sore hari mempunyai manfaat lainnya, antara lain; memberi ketenangan diri, mencukupi kebutuhan, membuka pintu rezeki, mendapatkan perlindungan Allah SWT, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan masih banyak keberkahan lainnya yang kita dapatkan dari zikir di pagi dan sore hari.

Affirmations

Memprogram diri kita untuk yakin akan keberhasilan yang ingin kita capai dalam hidup kita dengan mengulang-ngulang mengingat hal-hal yang ingin kita capai dan bagaimana caranya. Dengan cukup pengulangan, alam bawah sadar kita akan semakin percaya akan apa yang kita katakan, mulai melakukannya dan akhirnya insyaAllah akan terjadi.

Di awal langkah ini, sebaiknya kita tulis di buku catatan mengenai apa yang ingin kita capai dalam kehidupan kita, kenapa kita menginginkan hal tersebut, bersama siapa kita akan mencapainya, apa komitmen yang akan kita lakukan untuk mencapainya.

Catatan tersebut kita baca tiap hari, kita tambah, kurangi, rubah (bila perlu) dengan berjalannya hari-hari di kehidupan kita.

Lakukan ini setelah kita solat, berdoa, dan berzikir barulah kita memprogram diri kita untuk lebih percaya diri dan yakin kalau kita bisa sukses dalam melakukan hal yang kita inginkan. Ingatlah, apapun yang terjadi dalam hidup kita adalah dengan seizin Allah SWT.

Visualization

Ini adalah saat dimana kita membayangkan dalam hati dan pikiran kita secara berulang-ulang apa yang ingin kita capai dan apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencapainya.

Sebaiknya lakukan ini sambil “bicara” ke Allah dan minta ridhonya. Libatkan langkah ini dalam doa-doa kita juga.

Exercise

Olahraga untuk meningkatkan energi, menyehatkan badan, dan membuat lebih percaya diri.

Ketika badan kita lebih sehat, kesehatan jiwa pun juga menjadi lebih sehat. Dengan itu bisa membantu kita berpikir lebih baik dan berkonsentrasi lebih lama.

Olahraga itu sunnah Rasulullah SAW loh. Jadi jangan lupa ketika berolahraga niatkan juga dalam hati kita bahwa kita mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Reading

Membaca adalah hal utama dalam mendapatkan pengetahuan, ide, dan strategi yang perlu kita lakukan untuk mencapai target kehidupan kita.

Buku apa yang menjadi pedoman hidup manusia di muka bumi ini? Al-Qur’an.

Biasakan baca Al-Qur’an di pagi hari walaupun hanya 5 menit.

Membaca Al-Qur’an dapat menenangkan hati, mencerdaskan otak, bahkan dari hasil riset penelitian dari Universitas Al-Azhar, Cairo, menunjukan membaca Al-Qur’an dapat menguatkan daya ingat.

Belum lagi keberkahan lainnya yang kita dapatkan dari membaca Al-Qur’an seperti;

  • Menambah iman
  • Membaca satu huruf dalam alquran akan mendatangkan satu kebaikan yang dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan.
  • Meninggikan derajat pembacanya
  • Memberikan syafa’at di hari kebangkitan
  • Mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat
  • Menyembuhkan penyakit
  • Mengantarkan orang tua kita menuju surga

Setelah baca Al-Qur’an lanjutkanlah dengan membaca buku-buku bermanfaat lainnya yang dapat membantu kita untuk mencapai target kita. Membaca dengan cara ini juga termasuk bentuk ikhtiar (usaha) kita dalam mencapai cita-cita.

Jadi, pastikan baca Al-Qur’an kita dulu di pagi hari sebelum mulai membaca buku lainnya. Supaya hidup kita pada hari tersebut dan seterusnya selalu mendapatkan ridho, keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Scribing

Hadist Rasulullah SAW,

Ikatlah ilmu dengan menulisnya

Silsilah Ash-Shahiihah No. 2026 Tweet

Imam Asy Syafi’i berkata,

Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya. Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat. Termasuk kebodohan kalau engkau memburu kijang, setelah itu kamu tinggalkan terlepas begitu saja.

Menulis dapat membantu kita dalam mendokumentasikan pendapat, ide, terobosan, pengalaman, kesuksesan, ilmu yang kita dapat, dan juga untuk mengeksplorasi area-area oportunitas, pengembangan dan perbaikan diri. Bahkan sebaiknya tuliskan juga doa dan harapan-harapan kita kepada Allah SWT. 

Cara Menulis yang Efektif

  1. Pilih format menulis yang cocok untuk kamu. Bisa menulis dalam buku catatan atau menulis dalam format digital seperti online journal yang menggunakan komputer atau menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia di smartphone kita. 
  2. Putuskan apa yang akan kamu tulis dalam buku tersebut. Seperti contoh di awal, kamu bisa tulis mengenai pendapat kamu akan suatu hal, rencana-rencana untuk mencapai cita-cita, pengalaman, ilmu yang kamu pelajari, info-info yang bermanfaat, ayat Qur’an dengan artinya yang menyentuh hati kamu, hadits-hadits nabi SAW, dan jangan lupa tuliskan doa-doa kita juga. 

Sebetulnya poin-poin di atas tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Hanya ada penambahan saja di rutinitas pagi kita. Karena kembali lagi, kita sudah seharusnya terbiasa bangun pagi karena kita wajib melaksanakan solat subuh setiap hari. 

Silahkan dicoba, insya Allah bisa membantu teman-teman Pondok Sanad  dalam merealisasikan impian-impiannya agar sukses tak hanya di dunia tapi di akhirat juga. 

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Artikel Terkait

Tanggapan